shadow

Terungkap Kondisi Bumi 550 Juta Tahun Lalu

Saturday, 30 November 2013 8:52 pm
Kondisi Bumi 550 Juta Tahun Lalu

 Kabartop.com РKondisi Bumi 550 juta tahun lalu memiliki lebih sedikit keragaman mineral ketimbang Bumi saat ini. Tim ilmuwan Carnegie Institution for Science mengungkap studi baru mereka tentang awal Bumi.

Seperti dilansir dari Okezone.com, Sabtu (30/11/2013), catatan penelitian mengungkap kurang dari 8 persen mineral saat ini telah ada sejak 550 juta tahun lalu setelah Bumi terbentuk. Temuan ini penting karena para ahli mengatakan bahwa mineral memiliki peran utama dalam mempromosikan perkembangan kehidupan di Bumi.

Bahan-bahan mineral yang ada di Bumi diyakini menyediakan tempat penampungan untuk blok bangunan awal kehidupan. Mineral juga membantu menjaga dari kondisi Bumi yang ekstrem setelah waktu terbentuknya.

Penelitian yang dilaporkan di American Journal of Science menjelaskan bahwa mineral kemungkinan memfasilitasi perkembangan molekul pertama yang penting untuk kehidupan. Selain itu, mineral juga penting untuk menyediakan energi metabolik untuk struktur awal yang berkembang di Bumi.

Peneliti mengungkapkan, terdapat sekira 420 mineral yang ada di Bumi pada 550 juta tahun lalu. Sementara yang diketahui saat ini bumi memiliki jumlah sekira 5.000 mineral.

Ilmuwan menciptakan daftar semua spesies mineralyang mungkin muncul di era Hadean Eon (ratusan juta tahun lalu). Penelitian ini dilakukan oleh ilmuwan Robert Hazen dari CIT Geophysical Laboratory.

“Sebagian besar dari 420 mineral dari Hadean Eon terbentuk dari magma, batuan cair yang perlahan mengkristal di permukaan bumi, serta perubahan mineral tersebut bila terkena air panas,” kata Hazen. Sebagian besar mineral diyakini memainkan peran penting dalam pengembangan kehidupan selama Hadean Eon.

Mineral yang terbentuk dengan lambat ini antara lain mengandung lithium, beryllium atau molybdenum. Mineral-mineral ini membutuhkan waktu satu miliar tahun untuk berkembang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
shadow