shadow
Mukesh Ambani

Kabartop.com – Bukan hanya rupiah yang terpukul, mata uang India, rupee, malah lebih parah terpuruknya.

Penguatan yang terjadi terhadap dolar AS menekan mata Asia, termasuk rupee India. Akibatnya, orang terkaya di negeri itu menderita kerugian yang sangat besar.

Adalah Mukesh Ambani yang merupakan pemilik Reliance Industries Ltd., kompleks pengolahan minyak terbesar di dunia.

Seperti dilansir Bloomberg, Kamis (22/8), Ambani harus kehilangan USD5,6 miliar atau Rp60,26 triliun (kurs Rp10.760 per USD) atau menjadi sekitar Rp467 miliar per hari yang setara Rp19,5 miliar per jam sejak 1 Mei 2013, yakni sejak nilai rupee mulai jatuh.

Investor asing tercatat melakukan aksi jual sebesar USD3 miliar di bursa Indinia. Indeks S&P BSE Sensex melorot 1,9 persen menjadi 17.905,91. Dengan demikian, indeks saham India ini telah turun 7,6 persen selama empat hari, terburuk sejak Juli 2009.

Nilai tukar rupee juga mencatatkan nilai terendah sepanjang sejarah, yakni di 64,55 per USD.

Perilaku investor asing itu didorong oleh kebijakan Federal Reserve, bank sentral Amerika, yang ingin menurunkan besaran stimulus moneter. Selama ini, bank sentral mengguyur dolar dengan membeli surat utang sebesar US$85 miliar per hari.

Ambani termasuk yang terkena dampak dari kebijakan ini. Hartanya yang saat ini berjumlah US$17,5 miliar, tergerus 24 persen. Menurut catatan Bloomberg, ini merupakan rekor penurunan kekayaan paling buruk yang terjadi. (Plasadana)

 

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
shadow