shadow

Larangan Ibu Hamil Makan Nanas Berdasarkan Penelitian

Monday, 10 December 2012 11:54 am
nanas

Kabartop.com – Larangan makan nanas pada ibu hamil ternyata dibuktikan melalui berbagai hasil penelitian.
Lalu apa alasannya ibu hamil dilarang makan nanas?
Berikut beberapa alasannya:

Kontraksi Dini
Bulan pertama kehamilan harus dipantau dengan baik dan ibu hamil (bumil) tidak boleh makan nanas atau jus nanas minum berlebihan. Ini dikarenakan buah ini mengandung bromelain, senyawa yang melemahkan serviks (leher rahim). Sehingga konsumsi berlebihan akan memicu kontraksi awal.

Bromelain sendiri merupakan ekstrak yang berasal dari batang nanas, meskipun ada di semua bagian dari tanaman dan buah segar, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebagai suplemen, bromelain diperkirakan memiliki efek anti-inflamasi (peradangan). Tak hanya itu, senyawa ini juga mengandung zat kimia yang, menurut penelitian laboratorium, mungkin mengganggu pertumbuhan sel tumor dan pembekuan darah yang lambat. Sebagai bahan kuliner Bromelain juga digunakan terutama sebagai pelunak daging.

Keguguran
Untuk nanas muda, terutama yang kulitnya berwarna hijau, mengandung banyak bromelain di dalamnya dan tidak hanya menyebabkan leher rahim yang lemah, tetapi juga keguguran. Oleh karena itu, perempuan yang memasuki awal kehamilan harus membatasi bahkan menghindari sama sekali konsumsi nanas muda.

Masalah Lain
Makan nanas terlalu banyak juga dapat menyebabkan diare dan penyakit maag. Ini dikarenakan kandungan asam dari buah tropis ini memang cukup mengganggu untuk lambung yang sensitif. Bumil yang menderita gastritis jelas tidak dianjurkan mengonsumsi buah ini, selain untuk kesehatannya sendiri, juga untuk menjaga kondisi janin.

Meskipun nanas mengandung banyak vitamin C dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh, disarankan bahwa bumil dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah besar.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
shadow