shadow

Kabartop.com – Para ilmuwan menghadirkan sebuah perangkat interior canggih, sehingga pengemudi bisa konsentrasi saat menyetir.  Uniknya, gadget  ini hanya menggunakan sensor ekspresi wajah. Kendali fungsi mobil bisa dilakukan dengan anggukan atau kedipan mata.

Sebuah sensor infra merah dipasang di dashboard untuk dapat mengenali ekspresi wajah pengemudi, saat mengendalikan mobil. Dilengkapi dengan sebuah komputer tersembunyi di dalam mobil, ini fungsinya untuk menerjemahkan gerak tubuh yang sesuai dengan daftar perintah untuk radio, sistem navigasi, penghangat, dan ponsel.

Gerakan tubuh yang diakomodasi yaitu mengedipkan mata untuk menghidupkan radio, memutar, dan mematikan musik. Tapi gerakan tersebut saat ini masih dalam pengujian.

Berdasarkan berita yang dilansir dari laman Vivanews.com, Senin (23/7), teknologi ini dimaksudkan untuk dapat membedakan antara kedipan alami atau kedipan mata sebelum menyalakan atau menonaktifkan radio. Pengemudi juga dapat mengangguk ke kiri untuk memperbesar volume dan mengangguk ke kanan untuk mengecilkan volume. Sementara tepukan pada roda kemudi untuk melewati (skip) stasiun radio atau lagu.

Pengemudi bahkan dapat melakukan panggilan telepon dengan gerakan menerima telepon dengan tangan mereka. Kemudian memanggil dengan menyebutkan nama orang yang mereka ingin panggil.

Selain itu, pengemudi juga dapat mengontrol AC dan pemanas dengan menaikkan dan menurunkan tangan kiri di atas tongkat persneling yang memiliki sensor lain yang dipasang di dalam komputer. Teknologi ini berarti pengemudi akan dapat mengontrol fungsi dalam mobil tanpa terganggu dari jalan.

Para ilmuwan dari spesialis penyedia infotainment global, Harman, telah menciptakan sebuah mobil prototipe selama dua tahun. “Ini semua tentang mengurangi gangguan di dalam mobil,” kata Direktur Teknologi Harman, Hans Roth.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
shadow