shadow
Festival Krakatau

Kabartop.com – Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, mengatakan, Festival Krakatau (FK) dapat dijadikan promosi wisata andalan daerah itu, sehingga wisatawan tertarik untuk menyaksikannya.

“FK sudah digelar sebanyak 22 kali, tapi belum banyak wisatawan yang tertarik untuk menyaksikannya. Karena itu saya mengharapkan adanya perbaikan dan promosi lebih gencar sehingga menjadi andalan pariwisata Lampung,” katanya pada pembukaan Festival Krakatau XXII 2012, di Lapangan Saburai Enggal, Bandarlampung, Sabtu (6/10).

Ia menyebutkan pada perayaan kali ini tidak hanya sekedar penampilan seni dan budaya, namun lebih kepada promosi wisata.

Menurutnya, pariwisata adalah salah satu kegiatan yg dapat menghasilkan pendapatan asli daerah.

“Namun itu semua memerlukan pemikiran dan upaya yang keras dari semua sektor,” kata dia pula.

Ia juga mengatakan pemerintah daerah telah mencoba membuka akses menuju kawasan wisata di beberapa kabupaten/kota di provinsi itu.

Gubernur mencontohkan pemerintah setempat telah membuka akses menuju Pantai Tanjung Setia di Lampung Barat dengan mendirikan Bandar Udara di Pekon Serai, Krui.

“Dengan adanya bandara maka akses ke pantai yang juga disebut surganya para peselancar dunia itu menjadi mudah,” kata dia .

Pemerintah juga, akan membuka beberapa akses ke tempat wisata lainnya seperti Taman Purbakala Pugung Raharjo, di Lampung Timur, dan Teluk Kiluan di Kabupaten Tanggamus.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Firmansyah Rahim, mengatakan Provinsi Lampung mempunyai prospek dan potensi wisata yang dapat menjadi destinasi wisata Indonesia.

Ia menyebutkan, pada tahun 2011 sebanyak 7,64 juta wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia, dengan total nilai mencapai Rp8,5 miliar.

“Pada tahun 2012 ditargetkan 8 juta wisatawan yang mengunjungi indonesia,” kata dia lagi.

Ia berharap Jembatan Selat Sunda dapat segera dibangun dengan kerja sama antara pemerintah pusat, daerah maupun pihak swasta.

“Destinasi wisata harus sagera mempersiapkan diri sehingga dapat mempercepat masuknya investasi terutama di bidang pengembangan pariwisata di Lampung,” kata dia lagi.

Ia mengungkapkan, pada bulan lalu Gunung Batur, yang terletak di Pulau Jawa telah ditetapkan menjadi geopark oleh PBB melalui Unesco.

“Berikutnya Danau Toba di Sumatera Utara, Raja Ampat di Papua, dan Danau Rijani di Nusa Tenggara Barat, juga akan diusulkan menjadi geopark ke Unesco,” kata dia.

Ia berpendapat Gunung Anak Krakatau juga dapat diusulkan ke Unesco menjadi geopark dunia.

“Saat ini sudah terdapat 88 geopark dunia, dan saya berharap Krakatau dapat masuk menjadi salah satunya,” kata dia berharap.

Menurutnya dengan menjadi anggota geopark dunia dapat menjadikan FK lebih besar lagi dan dikenal dunia. (Antara)

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
shadow