shadow

Denmark Sahkan Pernikahan Gay di Gereja

Thursday, 7 June 2012 4:36 pm

Kabartop.com -  Denmark selama ini terdepan dalam membela hak hak kaum homoseksual. Kini Parlemen Denmark mengesahkan undang-undang buat memperbolehkan pasangan homoseksual melangsungkan pernikahan di gereja Evangelis Lutheran milik negara.

Stasiun televisi Al-Arabiya melaporkan, Kamis (7/6), undang-undang itu dibahas pada awal tahun ini oleh golongan politik kiri-tengah. 85 anggota parlemen setuju mengesahkan beleid itu, sementara hanya 24 menolak. Sisanya 179 wakil rakyat absen dan dua abstain. Aturan hukum baru itu sedianya bakal berlaku mulai 15 Juni mendatang.

Fraksi penolak pengesahan undang-undang itu berasal dari Partai Rakyat Denmark. Mereka tegas menentang gereja memberikan restu terhadap perkawinan pasangan sejenis.

Menteri Urusan Kerohanian Denmark, Manu Sareen, mengatakan dia sangat gembira saat mengetahui beleid itu disahkan parlemen. “Hal ini bentuk kesetaraan terhadap pernikahan pasangan sejenis dan yang berbeda kelamin. Sebuah lompatan besar,” kata Manu kepada wartawan.

Pada waktu bersamaan, Partai Kristen Demokratik Denmark mengajukan gugatan terhadap pengesahan beleid itu. Mereka mengatakan hal itu merupakan pelanggaran terhadap hak kebebasan beragama dan inkonstitusional.

Menurut mantan anggota parlemen dari Partai Kristen Demokratik, Per Oerum Joergensen, akibat dari disahkannya peraturan itu sekitar 440 ribu anggota gereja negara menyangkal keikutsertaan mereka dan mempertimbangkan kembali apakah masih layak bergabung. “Kemungkinan mereka bakal bersama-sama bergabung menggugat negara,” kata Joergensen.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
shadow