shadow

Berhenti Merokok Dapat Mengurangi Rasa Cemas?

Sunday, 17 February 2013 7:53 am
merokok

Kabartop.com – Banyak yang beranggapan dimana jika berhenti merokok, maka rasa cemas dan gelisah akan mengghinggapi diri Anda.

Namun, Menurut sebuah penelitian bagi mereka yang sudah dapat mengatasi kecanduan akan rokok, rasa cemas dan stres perlahan menurun.

Sebuah studi yang dilakukan oleh The British Journal of Psychiatry, melakukan percobaan yang diikuti 500 orang yang mengikuti program berhenti merokok di Inggris.

Mereka menemukan 68 perokok yang telah berhenti setelah enam bulan mengalami penurunan rasa cemas yang signifikan. Efeknya lebih besar di antara mereka yang memiliki gangguan mood dan kecemasan dibandingkan mereka yang merokok untuk kesenangan.

Para peneliti dari beberapa universitas seperti Cambridge, Oxford dan Kings University di London mengatakan adanya temuan bahwa berhenti merokok tidak akan meningkatkan rasa cemas atau gejala psikologis lainnya. Temuan ini harus digunakan untuk meyakinkan perokok mencoba bahwa mereka tidak perlu khawatir tentang tingkat kecemasan yang meningkat usai berhenti merokok karena tidak beralasan.

Para peneliti mengatakan, tampaknya bahwa perokok terutama mereka yang merokok untuk mengatasi rasa cemas lebih mungkin untuk menghisap rokok segera setelah bangun untuk mencegah gejala gangguan psikologis yang meliputi kecemasan.

Dengan berhenti merokok, secara tidak langsung mereka akan mengulangi kebiasaan ini dan menghapus rasa cemas. Sebagai hasilnya, rasa cemas akan berkurang.

Penelitian ini muncul karena adanya beberapa argumen mengenai para perokok yang merasa cemas usai berhenti merokok karena akan adanya peraturan pemerintah setempat mengenai kampanye anti-merokok. Pemerintah juga meminta iklan gratis pada rokok, yang dilengkapi dengan gambar seperti tumor yang tumbuh sebagai akibat dari merokok. (BBC/pmd)

 

Tags: , ,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
shadow