shadow

Kabartop.com – Jumat (6/4) Presiden Malawi, Bingu wa Mutharika meninggal dunia, beberapa jam setelah Presiden berusia 78 tahun itu mengalami serangan jantung.

“Ia meninggal setelah dua jam pingsan. Segera setelah Kamis tengah malam,” kata sumber rumah sakit di ibu kota Lilongwe. Sumber itu tidak bersedia disebutkan namanya karena pemerintah belum mengeluarkan satu pengumuman resmi. 

Menurut berita radio pemerintah, Mutharika, telah diterbangkan ke Afrika Selatan Jumat pagi. Sumber rumah sakit itu mengatakan, ia dibawa ke Afrika Selatan untuk dibalsem. 

Wartawan-wartawan di bandara Lilongwe mengatakan, mereka diusir dari terminal bandara itu sewaktu pesawat akan berangkat pada malam hari. 

Tidak ada pejabat baik di pemerintah Afrika Selatan maupun rumah sakit di Johannesburg, bersedia memberikan komentar mengenai Mutharika. Mereka hanya mengatakan, pemerintah Malawi yang berwenang memberi keterengan mengenai kondisi presidennya itu. 

Mutharika, mantan ekonom Bank Dunia yang pertama kali berkuasa tahun 2004, dan terpilih kembali dengan suara mayoritas besar di tahun 2009, sebagai presiden negara Afrika bagian selatan yang miskin itu. Wakil Presiden Joyce Banda akan mengambil alih tugas kepresidenan untuk menangani negara itu sesuai dengan konstitusi. 

Sumber: Antaranews.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
shadow